Selamat Datang di LPPL Radio Kanjuruhan FM Malang - Live Streaming

malangkab.go.id

DONOMULYO - Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna hadir pada kegiatan Ruyatul Hilal dalam menentukan awal bulan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 M di Landasan Helipad Sat Radar TNI AU 221, Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, hari Selasa (15/5) petang. Hadir juga dalam acara tersebut Kepala Kemenag Kabupaten Malang, Kepala Pengadilan Negeri Agama, Kepala Sat Radar TNI AU 221, Ketua MUI Kabupaten Malang, beberapa OPD Kabupaten Malang Muspika Donomulyo, serta para ulama, kyai dan sejumlah siswa/santri.

Dalam sambutannya, Bupati Malang meskipun hilal hingga Selasa petang masih belum bisa terlihat tetapi kegiatan seperti ini bisa termanfaatkan sebagai ajang silaturahmi serta sebagai penguatan mental dan spiritual. Karena seluruh yang hadir bisa berkumpul bersama untuk menantikan penentuan 1 Ramadhan. Pak Rendra, sapaan akrab Bupati juga menghimbau kepada seluruh komponen masyarakat untuk terus menjaga keamanan dan persatuan kesatuan Bangsa Indonesia.

“Dalam sejarahnya, situasi di Kabupaten Malang selalu kondusif. Saya berharap masyarakat Kabupaten Malang selalu menjaganya. Kita juga harus meningkatkan kewaspadaan karena bisa saja ada pihak yang tidak senang dengan suasana kondusif tersebut," harapnya.

Terpisah Kepala Kementerian Agama Kabupaten Malang, H. Imron melaporkan kegiatan Ruyatul Hilal kali ini sebagai bahan masukan dalam sidang Isbat penentuan 1 Ramadhan yang dilakukan di Jakarta. Donomulyo menjadi salah satu dari 95 tempat penentuan hilal se Indonesia oleh Pemerintah Pusat. Disampaikannya, jika perhitungan awal Ramadhan dan awal Syawal untuk semua perhitungan sudah di atas tiga derajat yang artinya umat Islam akan melakukan puasa dan lebaran secara bersama-sama tidak ada yang mendahului.

"Kegiatan ini selalu rutin dilakukan setiap tahun antara lain penentuan awal Ramadhan, penentuan 1 Syawal, dan penentuan Idul Adha merupakan kerjasama Pemkab Malang dengan Kementerian Agama Kabupaten Malang, MUI Kabupaten Malang, serta BMKG Karangkates. Meskipun setiap tahunnya tidak pernah terlihat hilalnya tetapi kegiatan ini tetap dilaksanakan karena sudah ada arahan dari Pemerintah Pusat sekaligus merupakan perintah agama," tambah Imron dalam sambutannya. (humas/poy)

Who's Online

We have 55 guests and no members online

Visitors

583114
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
266
815
3344
574343
12671
22173
583114
Your IP: 54.80.188.87
2018-10-18 06:45